Asyik juga tuh berita yang baru saja saya kutip dari Kabar Indonesia. Pertimbangannya jadi begini: orang yang memiliki kendaraan banyak bisa jadi akan membayar lebih sedikit dibanding yang hanya punya satu kendaraan?
Mengapa bisa demikian? Mari kita lihat, bila dua orang berbeda, dalam sebulan sama-sama menempuh jarak 20 ribu km. Yang pertama memiliki 4 mobil dan dipergunakan bergantian, sementara yang ke dua hanya memiliki 1 mobil.
Regulasi mungkin akan menetapkan tarif yang lebih tinggi bagi kendaraan yang lebih muda. Tetapi karena ada tarif untuk gas buang, maka sangat mungkin bila mobil degnan emisi gas buang yang lebih mencemarkan akan dikenakan tarif yang lebih tinggi.
Nah, mari berandai-andai. Selisih tarif untuk mobil baru dengan mobil lama, lebih kecil daripada selisih antara mobil dengan gas buang yang lebih mencemarkan dibanding dengan yang kurang mencemarkan. Dalam rupiah? Andai tabelnya sebagai berikut:
Gas Buang
Umur 1000 1300
800 1100
Maka, orang yang memiliki mobil lebih dari 1 akan dapat memelihara kendaraanya (karena dipakai bergantian) dan karena itu dapat menghambat kerusakan mobil dan menekan kadar pencemaran dari asap knalpotnya. Sementara orang yang memiliki mobil hanya satu dan dipakai ke mana-mana, tidak demikian.
Kebayang kan? Walaupun mobilnya diganti-ganti, tetapi memang jumlah perjalanan tetap 20 ribu km. Namun demikian, tarif per kilometernya hanya seribu rupiah. Sementara orang yang hanya memiliki satu mobil yang haruus membayar Rp.1.100,-. Waduh!!!
Andai-andai tadi jadi mudah terlihat bila pentarifan hanya tabel empat kotak tadi. Bila lebih banyak lagi kotak yang dibuat untuk pentarifan, maka akan lebih sulit untuk diketahui dengan cepat.
Berarti tidak adil ya? Bisa juga dipersepsi demikian. Karena orang yang lebih kaya (karena memiliki mobil lebih dari 1) akan dikenakan tarif yang lebih murah. (Dengan catatan pentarifan memang seperti yang kita andaikan). Tetapi menurut saya tidak juga.
Karena dengan mengganti mobilnya berarti dia adalah orang yang peduli pada performansi kendaraan. Karena hal tersebut, dan di era gegap gempita soal pemanasan global ini, maka memang dia layak diberikan insentif berupa pengurangan beban.
Toh, bagi yang memiliki mobil 1 saja, tetapi tetap rajin merawat mobil sehingga asap kanlpotnya tidak terlalu mencemari udara juga akan mendapatkan insentif. Dengan demikian konsep ini sangat baik bagi semua orang.
No comments:
Post a Comment